Etymology:
• symbolum (Latin)
• symbolon – σύμβολον (Greek )
objek, gambar, tulisan, suara, atau tanda
Symbol :
tertentu yang mewakili sesuatu yang lain
oleh asosiasi, kemiripan, atau konvensi
merupakan salah satu cara manusia
mengekspresikan sesuatu yang telah
berlangsung disemua kebudayaan sepanjang waktu
• mencerminkan intelektualitas, emosi dan spririt
manusia
h b
Symbol :
• memungkinkan terjadinya sebagian besar hubungan
komunikasi manusia dalam bentuk tertulis
maupun verbal, gambar ataupun isyarat
• merupakan bahasa universal lintas budaya dan
zaman
Kenneth Burke described homo sapien as
"symbol‐using, symbol making, and [a] symbol
misusing animal"
Architectura – Latin
• arkitekton, ὰρχιτεκτονική – arkhitektonike – Greek
artinya :
kepala atau pemimpin dan pembangun atau
tukang kayu (Τεκτονική)
Arsitektur
adalah :
seni dan ilmu merancang
bangunan dan struktur fisik
lainnya
Arsitektur, dalam definisi yang lebih luas :
meliputi semua kegiatan desain :
• dari level mikro (desain bangunan atau
bangun-bangunan, kompleks bangunan,
desain furnitur)
• ke tingkat makro (desain perkotaan:
kawasan, bagian kota, arsitektur lansekap)
saat ini, arsitektur dapat merujuk kepada aktivitas
merancang sistem apapun dan sering digunakan dalam
dunia TI
Karya arsitektur sering dianggap sebagai :
• karya seni
• simbol politik dan budaya
Sejarah peradaban manusia sering diidentikkan
dengan karya arsitektur yang masih ada sebagai
bagian perjalanan peradaban manusia itu sendiri
Arsitektur lahir dari dinamika antara :
tempat
tinggal
keamanan
ibadah, dll
bahan bangunan
teknologi
keterampilan yang tersedia
><
Arsitektur sebagai tanda atau komunikasi
Uraian sederhana berikut preseden,
diharapkan dapat membantu memperjelas
kualitas penting arsitektur sebagai tanda atau
komunikasi.
Vitruvius, arsitek Roma pada awal abad ke‐1 Masehi berpendapat,
bangunan yang baik harus memenuhi tiga prinsip (De architectura) :
firmitatis ‐ utilitatis ‐ venustatis
• daya tahan ‐ berdiri kokoh
dan tetap dalam kondisi baik
• utility ‐ bermanfaat dan
berfungsi dengan baik bagi
orang‐orang yang
menggunakannya
• keindahan ‐ menyenangkan
orang dan meningkatkan
semangat mereka
dalam banyak peradaban kuno, arsitektur dan urbanisme
mencerminkan keterlibatan konstan dengan yang ilahi dan
supernatural
khususnya bersifat simbolik
Simbol‐simbol digunakan untuk
mengkomunikasikan makna
susunan tertentu
Istana Kaisar dinasti
Ming dan Qing
• dibangun pada tahun
1407 oleh dinasti
Kaisar Ming ke III
(1368‐1644)
• merupakan tempat
kediaman Kaisar
Kota Terlarang di Bejing
• bangunan yang mencerminkan seni bangunan klasik Cina dan arsitektur
feodal.
• kompleks Kota Terlarang sejak 1987 menjadi karya arsitektur yang dilindungi
oleh UNESCO
A. Meridien Gate
B. Gate of Divine Might
C. West Glorious Gate
D. East Glorious Gate
E. Corner towers
F. Gate of Supreme Harmony
G. Hall of Supreme Harmony
H. Hall of Military Eminence
J. Hall of Literary Glory
K. Southern Three Places
L. Palace of Heavenly Purity
M. Imperial garden
N. Hall of Mental Cultivation
O. Palace of Tranquil
Longevity
Kota Terlarang di Bejing
contoh psikologi tata ruang dan tata bangunan
yang klasik agung:
bagaimana orang menghayati suatu
'poros dan gunung hierarki' tiga
dimensional pada struktur dua dimensi
Kota Terlarang
penyusunan urut‐ urutan :
• gerbang‐gerbang
• alun‐alun
• gedung
• dinding‐dinding yang
mengelilinginya
Simbolisme di dalam
penataannya sangat kuat dengan
melibatkan dimensi vertikal yang
sifatnya kosmologis.
Simbolisme di dalam penataan kota
Yogyakarta
menghubungkan dua kerajaan 'alam'
Sumbu imajiner
kuasa gunung api Merapi
Keraton Jogya
Keraton didampingi oleh :
• dua alun‐alun
• sebuah menara
(tugu) di utara
• sebuah panggung
Krapyak diselatan
sebagai gabungan
kehidupan
mikrokosmos dengan
kehidupan
makrokosmos
Candi ini didirikan oleh para penganut agama
Buddha Mahayana sekitar tahun 800-an masehi.
Struktur Candi Borobudur
berbentuk punden berundak, yang terdiri
dari:
• enam tingkat berbentuk bujur sangkar
• tiga tingkat berbentuk bundar melingkar
• sebuah stupa utama sebagai
puncaknya. Dan beberapa stupa
tersebar di semua tingkat-tingkatannya
sepuluh tingkat menggambarkan secara
jelas filsafat mazhab Mahayana, yakni
menggambarkan sepuluh tingkatan
Bodhisattva yang harus dilalui untuk
mencapai kesempurnaan
menjadi Buddha.
Bagian kaki Borobudur melambangkan
Kamadhatu, yaitu dunia yang
masih dikuasai oleh kama atau "nafsu
rendah".
Empat lantai dengan dinding berelief di
atasnya oleh para ahli dinamakan
Rupadhatu, yang mempresentasi
dunia yang sudah dapat membebaskan
diri dari nafsu, tetapi masih terikat oleh
rupa dan bentuk.
Tingkatan ini melambangkan alam
antara yakni, antara alam bawah dan
alam atas.
Pada bagian Rupadhatu ini patungpatung
Buddha terdapat pada cerukceruk
dinding di atas ballustrade atau
selasar.
mulai lantai ke-5 – ke-7 dindingnya tidak berelief.
Tingkatan ini dinamakan Arupadhatu (yang berarti tidak
berupa atau tidak berwujud).
Denah lantai berbentuk lingkaran.
Tingkatan ini melambangkan alam atas, di mana manusia sudah
bebas dari segala keinginan dan ikatan bentuk dan rupa, namun belum
mencapai nirwana.
Patung-patung Buddha ditempatkan di dalam stupa yang ditutup
berlubang-lubang seperti dalam kurungan. Dari luar patung-patung itu
masih tampak samar-samar.
Tingkatan tertinggi yang
menggambarkan ketiadaan
wujud dilambangkan
berupa stupa yang
terbesar dan tertinggi.
Stupa digambarkan polos tanpa lubang-lubang.
Di dalam stupa terbesar ini pernah ditemukan patung Buddha yang
tidak sempurna atau disebut juga unfinished Buddha
Kota-kota di Timur
Tengah mempunyai
suatu struktur yang
bertentangan dengan
bentuk-bentuk kota di
Amerika Serikat
Organisasi kota-kota Muslim
dan Yahudi lebih :
• membatasi dan
mengendalikan
perilaku, dengan cara
membatasi mobilitas,
daripada meningkatkan
pergerakan dan
perhubungan lalu lintas
• Kota-kotanya memiliki
sejumlah besar distrik
yang spesifik dalam hal
etnik, religius, ataupun
fungsi
Simbol dan Arsitektur
karya arsitektur
sebagai simbol
Karya arsitektur sebagai simbol
• kekuasaan
− politik
− kebangkitan/kejayaan kebangsaan
Simbol dan Arsitektur
g j y g
− ekonomi
• demokrasi
• kemajuan teknologi
• sustainability approach
awal1661, Louis Le Vau (arsitek),
Andre Le Notre (Lanskap arsitek),
Charles Le Brun (pelukis
dekorator), memulai pekerjaan
renovasi dan perluasan istana
yang ada.
Versailles resmi menjadi pusat
pemerintahan pada tanggal 6 May
1682
gerbang kemenangan menghormati
mereka yang berjuang untuk
Perancis, terutama selama Perang
Napoleon.
• di bagian dalam dan bagian atas
busur ada semua nama-nama
jenderal dan nama perang yang
terjadi
• Monumen itu dirancang oleh Jean
Chalgrin pada tahun 1806
Di atas gerbang adalah Quadriga, sebuah kereta yang ditarik oleh
empat ekor kuda didorong oleh Victoria, dewi Romawi kemenangan
Desain Gerbang didasarkan pada Propylaea, pintu gerbang Acropolis di Athena,
Yunani dan konsisten dengan sejarah Berlin klasisisme arsitektur (pertama,
Baroque, dan kemudian neo-Palladian).
Gerbang pertama "Athena di atas Sungai Spree" oleh arsitek Gotthard Carl von
Langhans.
Quadriga ibukota itu diukir oleh Johann Gottfried Schadow
1806
Prusia kalah pertempuran
Jena-Auerstedt
Quadriga dibawa
Napoleon ke Paris
Gerbang tengah boleh dilewati hanya oleh keluarga kerajaan, serta
anggota keluarga Pfuel (1814-1919).
1814
Napoleon kalah di Prusia dan pendudukan Paris oleh
Jenderal Ernst von Pfuel
Quadriga dikembalikan ke Berlin, dilengkapi dengan simbol
baru kekuasaan Prusia, Iron C
Monumen Nasional
Tujuan pembangunan:
• mengenang dan
melestarikan
perjuangan bangsa
• luas areal : 80 hektar. Indonesia d
• arsitek : Soedarsono
dan Frederich Silaban
• konsultan : Ir. Rooseno
• mulai dibangun Agustus
1959,
• diresmikan 17 Agustus 1961
oleh Presiden Republik
Indonesia Ir Soekarno.
• resmi dibuka untuk umum
pada tanggal 12 Juli 1975.
pada masa
revolusi kemerdekaan 1945
• terbangkitnya
inspirasi dan
semangat
patriotisme generasi
saat ini dan
mendatang
Sebuah batu obeliks yang terbuat dari
marmer yang berbentuk lingga yoni
(simbol kesuburan)
"Api Nan Tak Kunjung Padam"
Alu dan lumbung merupakan alat
rumah tangga yang terdapat
hampir di setiap rumah penduduk
pribumi Indonesia.
pelatara
Pengaruh (kepentingan politik) Bung Karno terhadap perkembangan
Jakarta
• Monas, Ancol
• poros Thamrin-Sudirman
• Kompleks Gelora Bung Karno,
MPR-DPR
• Jakarta By-pass (inner ring road)
• Tebet
Pembangunan atas perintah
Sukarno pada tanggal 8 Maret
1965
Dibangun untuk bangunan
Conference of New Emerging
Forces (CONEFO), sebagai
tandingan terhadap United
Nations for Non-Aligned
Movement countries.
Pembangunan dimulai 1965 ,
selesai 1968.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar