Trend New Media
Media
online sudah ada sejak tahun 2000.
Zaman dulu, internet sangatlah mahal. Internet kini tidak hanya dijumpai warnet
saja. Banyak tersedia fasilitas wifi
gratis. Terjadi persaingan telekomunikasi antar masing-masing penyedia jasa
layanan internet. Pada tahun 2014 nanti, internet akan masuk ke desa-desa di
seluruh Indonesia dan akan membuat internet booming
luar biasa.
Tiga
peringkat pengguna media sosial terbesar di dunia:
- Cina
- India
- Korea
Perkembangan
Social Media
Media yang paling banyak dibaca
dapat diketahui dari situs peringkat seperti alexa.com dan semiocast.com.
Sampai sekarang, facebook merupakan
situs yang paling populer. Pengunjung
facebook diperkirakan mencapai 43 juta orang, hampir sama dengan penduduk
Kanada. Selain facebook, ada pula media sosial lain yang tak kalah booming yakni twitter. Indonesia
termasuk dalam 5 besar pengguna twitter.
Internet
mobile terutama melalui smartphone
kini juga memiliki pengguna yang tak kalah banyak. Dua atau tiga tahun lalu bisnis
seluler lebih pada suara atau pulsa.
Penggunaan
Internet
Kegunaan
internet sangat banyak, dan update-pun
lebih cepat. Sebagian besar pengguna facebook menggunakannya untuk pertemanan.
Kita dapat melihat karakter orang lain melalui facebook, twitter, dan blog.
Kini, mencari karyawan pun dapat dilakukan melalui internet tracking seperti JobsDB.com. Manfaat
media online itu sendiri adalah untuk
promosi diri kita sendiri (pencitraan).
Karakter
Online
- Content is the king
- User Behaviour (Online # Offline)
- Statistik (Traffic tinggi # Iklan)
- Marketing
- Technology
- Make Money (ide kreatif)
- Culture (dunia cepat berubah, sesuaikan)
Perilaku
di Depan Layar
- Menilai situs dalam seperduapuluh detik
- Melihat, pindai, baru membaca
- Kecepatan membaca halaman di layar komputer 25 persen lebih lambat
Peta Media Online
Prinsip-prinsip
Portal Berita
- Breaking
Berita singkat
yang ditulis ‘nyaris’ bersamaan dengan peristiwa yang tengah berlangsung.
- Real Time
Menyajikan
berita yang ‘seketika’. Jeda antara kejadian/
peristiwa/
statement key person, tidak jauh.
- Running News
Berita
yang ditampilkan secara pendek, konfirmasi bisa ditampilkan pada berita
berikutnya. Bahkan untuk peristiwa, sekecil apapun informasi yang diperoleh
dapat diolah menjadi berita tersendiri, yang akan dilengkapi dengan berita
melalui link berita.
- Lengkap/ Data
Ditulis mendalam
disertai link
(terkait berita/data sebelummnya).
- Multimedia
Masukkan foto,
video, infografik, kartun, tabel dan lain-lain.
- Interaktif
Pembaca
dilibatkan dengan diberi ruang berkomentar/
menulis berita/
opini.
Karakter
Media Online
- Ruang/ tempat tidak terbatas
- Penyajian bisa berbentuk teks, foto, video, audio maupun info grafik
- Periodisasi terbit 60/24/7
- Interaktif/ forum/ social network
INGAT
!
- Bad news is good news tak tepat
- Ketahui rambu-rambu hukum
- Menulis dan terdokumentasi selamanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar