Rabu, 05 September 2012

Seluk Beluk & Perkembangan Media Online

Dosen Tamu: Suwardjono (Pendiri Vivanews.com - Viva.co.id)



Trend New Media

Media online sudah ada sejak tahun 2000. Zaman dulu, internet sangatlah mahal. Internet kini tidak hanya dijumpai warnet saja. Banyak tersedia fasilitas wifi gratis. Terjadi persaingan telekomunikasi antar masing-masing penyedia jasa layanan internet. Pada tahun 2014 nanti, internet akan masuk ke desa-desa di seluruh Indonesia dan akan membuat internet booming luar biasa.

Tiga peringkat pengguna media sosial terbesar di dunia:
  • Cina 
  • India  
  • Korea


Perkembangan Social Media
 
            Media yang paling banyak dibaca dapat diketahui dari situs peringkat seperti alexa.com dan semiocast.com. Sampai sekarang, facebook merupakan situs yang paling populer. Pengunjung facebook diperkirakan mencapai 43 juta orang, hampir sama dengan penduduk Kanada. Selain facebook, ada pula media sosial lain yang tak kalah booming yakni twitter. Indonesia termasuk dalam 5 besar pengguna twitter.
            Internet mobile terutama melalui smartphone kini juga memiliki pengguna yang tak kalah banyak. Dua atau tiga tahun lalu bisnis seluler lebih pada suara atau pulsa.

Penggunaan Internet

Kegunaan internet sangat banyak, dan update-pun lebih cepat. Sebagian besar pengguna facebook menggunakannya untuk pertemanan. Kita dapat melihat karakter orang lain melalui facebook, twitter, dan blog. Kini, mencari karyawan pun dapat dilakukan melalui internet tracking seperti JobsDB.com. Manfaat media online itu sendiri adalah untuk promosi diri kita sendiri (pencitraan).

Karakter Online
  1. Content is the king
  2. User Behaviour (Online # Offline)
  3. Statistik (Traffic tinggi # Iklan)
  4. Marketing
  5. Technology
  6. Make Money (ide kreatif)
  7. Culture (dunia cepat berubah, sesuaikan)

Perilaku di Depan Layar
  • Menilai situs dalam seperduapuluh detik
  • Melihat, pindai, baru membaca
  • Kecepatan membaca halaman di layar komputer 25 persen lebih lambat


Peta Media Online

Prinsip-prinsip Portal Berita

  • Breaking
Berita singkat yang ditulis ‘nyaris’ bersamaan dengan peristiwa yang tengah berlangsung.
  • Real Time
Menyajikan berita yang ‘seketika’. Jeda antara kejadian/ peristiwa/ statement key person, tidak jauh.
  • Running News
Berita yang ditampilkan secara pendek, konfirmasi bisa ditampilkan pada berita berikutnya. Bahkan untuk peristiwa, sekecil apapun informasi yang diperoleh dapat diolah menjadi berita tersendiri, yang akan dilengkapi dengan berita melalui link berita.
  •  Lengkap/ Data
Ditulis mendalam disertai link (terkait  berita/data sebelummnya).
  • Multimedia
Masukkan foto, video, infografik, kartun, tabel dan lain-lain.
  •  Interaktif
Pembaca dilibatkan dengan diberi ruang berkomentar/ menulis berita/ opini.

Karakter Media Online
  • Ruang/ tempat tidak terbatas  
  • Penyajian bisa  berbentuk teks, foto, video, audio maupun info grafik 
  • Periodisasi terbit  60/24/7  
  •  Interaktif/ forum/ social network


INGAT !
  • Bad news is good news tak tepat 
  • Ketahui rambu-rambu hukum 
  • Menulis dan terdokumentasi selamanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar